Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Jumat, 28 Desember 2007

Asinan Bogor


Salah satu jenis makanan yang sangat populer di Bogor, baik bagi masyarakat Bogor maupun Jakarta adalah asinan Bogor.
Asinan Bogor merupakan jenis makanan yang terdiri dari buah-buahan segar, atau sayuran asin, dan sayuran segar lain yang diberi kuah warna merah yang rasanya segar, manis dan asam.

Meskipun namanya asinan, rasanya tidak asin malahan lebih kearah manis-pedas. Dinamakan asinan barangkali karena salah satu komponennya sawi asin.
Asinan ini banyak dijual disepanjang jalan Suryakencana dan Siliwangi, tapi yang populer dan enak citarasanya adalah Asinan Gedung Dalam dan Asinan jalan roda(memiliki komponen oncom hitam bakar).
Ada tiga jenis asinan yang dijual di Bogor, setiap jenis selalu ditaburkan kacang goreng yang berkulit ari dan kuah yang berwarna merah terang, jenis-jenisnya yaitu :
Asinan Buah,
komponennya adalah:Nenas Bogor segar yang diiris tipis melintang dipotong menjadi empat. Buah salak Jambu air segar. Ubi jalar, diiris tipis-tipis bundar melingkar. Bengkuang segar, dipotong dengan irisan tidak beraturan. Manisan kedongdong, dipotong memanjang.
Asinan Sayur,
memiliki komponen sebagai berikut :Sawi asin, dipotong melintang 2 cm. Bawang kecil yang telah diasinkan. Rajangan kubis segar (putih). Irisan melintang ketimun segar. Touge segar. Tahu segar. Tahu kuning diiris bentuk segitiga. Diberi segenggam daun antanan segar.

Asinan Campur,
seperti namanya, merupakan campuran antara asinan buah dan asinan sayur. Biasanya dengan komposisi lengkap dicampur sedikit sayuran yang terdiri dari irisan kol, irisan wortel dan kecambah.
Sayangnya di Medan ini sulit sekali mencari asinan seperti ini . . . .
Ada yang mau coba bisnis ???


Tidak ada komentar: