Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Kamis, 15 November 2007

Kearifan Emas


Seorang pemuda mendatangi Zen-sei dan bertanya, "Guru, saya tak mengerti mengapa orang seperti Anda mesti berpakaian apa adanya, amat sangat sederhana। Bukankah di masa seperti ini berpakaian sebaik-baiknya amat perlu, bukan hanya untuk penampilan melainkan juga untuk banyak tujuan lain?"



Guru hanya tersenyum। Ia lalu melepaskan cincin dari salah satu jarinya dan berkata, "Sobat muda, akan kujawab pertanyaanmu, tetapi lebih dahulu lakukanlah satu hal untukku। Ambillah cincin ini dan bawalah ke pasar di seberang sana । Bisakah kamu menjualnya seharga satu keping emas?"Melihat cincin Zen-sei yang kotor, pemuda tadi merasa ragu, "Satu keping emas? Saya tidak yakin cincin ini bisa dijual seharga itu।" "Cobalah dulu, sobat muda।Siapa tahu kamu berhasil।"


Sang Pemuda itu pun bergegas ke pasar। Ia menawarkan cincin itu kepada pedagang kain, pedagang sayur, penjual daging dan ikan, serta kepada yang lainnya। Ternyata, tak seorang pun berani membeli seharga satu keping emas। Mereka menawarnya hanya satu keping perak।Tentu saja, pemuda itu tak berani menjualnya dengan harga satu keping perak।



Ia pun kembali ke padepokan Zen-sei dan melapor, "Guru, tak seorang pun berani menawar lebih dari satu keping perak।"Zen-sei, sambil tetap tersenyum arif, berkata, "Sekarang pergilah kamu ke toko emas di belakang jalan ini। Coba perlihatkan kepada pemilik toko atau tukang emas di sana . Jangan buka harga, dengarkan saja bagaimana ia memberikan penilaian."Pemuda itu pun pergi ke toko emas yang tadi


Ia kembali kepada Zen-sei dengan raut wajah yang lain dan berkata, "Guru, ternyata para pedagang di pasar tidak tahu nilai cincin ini sesungguhnya। । Pedagang emas menawarnya dengan harga seribu keping emas. Rupanya nilai cincin ini seribu kali lebih tinggi daripada yang ditawar oleh para pedagang di pasar."


Guru Zen-sei tersenyum simpul sambil berujar lirih, "Itulah jawaban atas pertanyaanmu tadi sobat muda। Seseorang tak bisa dinilai dari pakaiannya। Hanya "para pedagang sayur, ikan dan daging di pasar" yang menilai demikian। Namun tidak bagi "pedagang emas"



"Emas dan permata yang ada dalam diri seseorang, hanya bisa dilihat dan dinilai jika kita mampu melihat ke kedalaman jiwa। Diperlukan kearifan untuk melihatnya, dan itu membutuhkan proses। Kita tak bisa menilainya hanya dengan tutur kata dan sikap yang kita dengar dan lihat sekilas. Seringkali yang disangka emas ternyata biasa dan yang kita lihat sebagai besi ternyata emas "


Tidak ada komentar: