Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Selasa, 15 April 2008

Sang Harimau


Disuatu waktu ada seekor harimau yang amat jahat dan buas. Dia selalu memangsa manusia dan memakannya sampai tak bersisa, dia selalu turun kedesa-desa sekitar hutan pada saat malam untuk memangsa.

Segala cara dilakukan oleh para penduduk desa untuk menghalaunya, tapi semuanya tidak menghasilkan. Sang harimau jika terluka malah semakin berlipat ganda kekuatannya dan semakin menggila memangsa para penduduk desa, yang tadinya 1 orang bisa menjadi 5 orang sehari.

Akhirnya para kepala desa sekitar berembug dan menawarkan suatu persetujuan pada sang harimau.

"Kami akan memberikanmu setiap hari makanan/daging, tapi kami mohon jangan ganggu kami"
"Baiklah, antarkan setiap sore" kata sang harimau dingin
Tetapi tetap saja kadang-kadang sang harimau turun ke desa untuk memangsa para penduduk desa.
"Kenapa kamu masih memangsa kami..?!" para kepala desa protes
"Diamlah..!, kadang-kadang lidahku ini ingin merasakan daging manusia juga, jadi kalian harus pasrah atau aku akan memangsa lebih banyak lagi manusia"
Mereka hanya bisa pasrah dan akhirnya meninggalkan desa-desa itu.
Dalam waktu 1 bulan desa-desa disekitar hutan itu tidak berpenduduk dan kabar tentang sang harimau yang jahat itu tersebar luas sampai ke pelosok negeri. Sang harimau merasa kesepian juga, terkadang setiap malam ia sering duduk merenung dijalanan desa-desa itu.
Suara hati nuraninya berteriak-teriak bahwa dia adalah seekor harimau amat jahat dan harus bertobat, tiba-tiba timbul rasa sesal didalam dirinya, oh dia benar-benar ingin bertobat.

Selang 1 tahun kemudian seorang yang cerdik pandai muda melewati salah satu dari desa itu. Karena hari sudah terlalu sore sebut saja si Kabayan memutuskan untuk bermalam di desa yang tidak berpenduduk itu sambil mencari tahu mengapa desa ini tidak berpenduduk.

Si Kabayan juga sudah mendengar tentang desas desus harimau jahat tersebut, tapi ia ingin membuktikan sendiri.

Malam semakin larut, Kabayan terbangun oleh suara napas berat diluar rumah, dia segera melompat keluar dan dilihatnya sang harimau duduk memandangi bulan yang bulat.

Tubuhnya kurus dan wajahnya kelihatan lesu, selama 1 tahun ini sang harimau hanya makan ikan dan kadang umbi-umbian hutan.
"Jika aku bertemu kamu 1 tahun yang lalu, mungkin kamu sudah tercabik-tercabik oleh taring dan cakarku, Kabayan.." sang harimau membuka percakapan

"Lalu sekarang kenapa tidak..?" Kabayan membalas
"Aku menyesal Kabayan, aku baru menyadari sekarang bahwa terkadang aku senang melihat anak-anak manusia berlarian-larian nakal bermain. terkadang aku juga rindu duduk mengobrol dengan ayah mereka yang bekerja di sawah dan duduk bercanda dengan ibu mereka. tapi nampaknya sekarang sudah terlambat.." Sang harimau berkata lesu.

"Belum...!, asal kamu mau bersumpah dan berjanji tidak akan memangsa & menyakiti mereka lagi"
"Baiklah aku bersumpah dan berjanji tidak akan memakan dan menyakiti mereka lagi..!" Sang harimau berkata tegas

Sejak saat itu si Kabayan membantu memberitakan dan mengabari keseluruh desa yang dilewatinya bahwa sang harimau sudah bertobat. Desa-desa itu kembali berpenduduk, hubungan harmonis tercipta antara sang harimau dan para penduduk selama kurun waktu bertahun-tahun.

Sampai suatu hari si Harimau tengah duduk dipinggir jalan, ada seorang mabuk yang menabraknya
"Bodoh kau, kenapa duduk ditengah jalan..!!!" teriak si mabuk
"Aku duduk dipinggir jalan, kawan. kamu yang menabrakku" sang harimau berkata lembut
"Ah, kau yang menghalangi jalanku..!, sudah salah tidak minta maaf, sana pergi..!!" si mabuk menendang sang harimau

"Baiklah.." sang harimau menyingkir
Tetapi si mabuk kembali mencari gara-gara dan menghampiri sang harimau kembali
"Sudah kubilang jangan menghalangi jalanku..!!. .buk..!" kembali si mabuk menendang sang harimau
"Kawan kau yang menghampiri ku kali ini.." sang harimau membela diri
"..Ah diamlah .. . .buk" si mabuk kembali menendang

Sang harimau akhirnya kembali masuk ke hutan dengan hati kesal, demi janji dan sumpahnya bertahun-tahun yang lalu dia tidak melawan.

Sejak peristiwa itu semua penduduk merendahkan dirinya, anak-anak meludahi dan mengencinginya, kadang-kadang jika dia meminta makanan dengan sopan malah diusir seperti kucing buduk, jika ia ingin mengobrol dengan penduduk desa yang sedang bekerja disawahnya malah yang meladeninya anjing si pemilik sawah, hutannya pun semakin gundul ditebangi untuk dibuka lahan baru

Suatu hari dia turun ke desa untuk meminta makanan.
"Bu, bolehkah aku meminta sekerat daging...aku sudah teramat lapar..? sang harimau meminta sopan
"Enak saja...! kamu kira semuanya bisa gratis didunia..! pergi sana...!" si ibu muda yang cantik itu mengomeli.
"Tak apalah jika tidak ada daging, makanan apa saja aku mau, yang penting aku bisa makan dan mengisi perutku ini" sang harimau kembali memelas.

"Sudah kubilang pergi..!" si ibu membentak sambil memukulkan tongkat ke tubuh sang harimau
Sang harimau sudah tidak tahan, teringat masa kejayaannya dulu dimana dia amat ditakuti manusia, dia menjadi gelap mata, cakar tajam nan runcing keluar dari jarinya, ia lalu menggeram, dengan cepat ia menerkam si ibu dan menggigit lehernya sampai koyak, si ibu tewas seketika.

Tidak cukup dengan itu dia membantai semua penduduk desa, kemarahannya selama ini dikeluarkan bagaikan ledakan nuklir saja, tidak pandang bulu laki-laki, perempuan, tua, muda, dan anak-anak dihabisinya.

Setelah selesai semuanya itu dia tersadar, dilihat cakarnya yang penuh darah, dirasakan taringnya masih ada sekerat daging manusia, ia terduduk diam, potongan-potongan tubuh bergelimpangan disekelilingnya dan sepanjang jalan didesa itu.

Lalu ia berlalu pergi dan mencari si Kabayan yang bertahun-tahun lalu menyuruhnya bersumpah.

Kabayan kini telah tua dan menetap di dusun disuatu desa.
"Kabayan , ternyata menjadi baik tidak cocok dengan diriku" kata sang harimau
"ada apa temanku..?" Kabayan bertanya

Lalu sang harimau bercerita dari awal sampai akhir segala sesuatu yang dialaminya sejak dia bersumpah dan berjanji.

"Nah, sekarang aku akan menjadi seperti dulu lagi, dimana aku sangat ditakuti manusia dan hutanku masih hijau, jadi kumohon lakukan upacara pelepasan sumpah dan janjiku, dan sebagai upahnya aku tidak akan memakanmu dan penduduk desamu ini " sang harimau berkata dingin menutup ceritanya.

Kabayan terdiam dan menganalisa cerita sang harimau, selang beberapa saat Kabayan bekata.
"Temanku, kamu telah berlaku benar, cuma kamu sangat bodoh..!"
"Maksudmu... ??!" sang harimau menggeram mulai naik darah
"Memang aku menyuruhmu bersumpah dan berjanji untuk tidak menyakiti dan memangsa manusia, tapi tidak untuk memintamu berhenti mengaum kan.."

" ????..." Sang Harimau

" So . . .be clever like a snake, and also be gentle/honest like a Pigeon"

Tidak ada komentar: