Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Sabtu, 03 Mei 2008

Ketika Iman Turun


Penulis : KH Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym ).

Iman itu adalah ucapan dan perbuatan. Ia dapat bertambah dan dapat pula berkurang. Demikian Rasulullah SAW pernah bersabda kepada kita,ummatnya, akan hakikat dari iman. Bahwa iman itu sifatnya bisa naik(bertambah) dan dapat pula turun (berkurang). Ia memiliki siklus, yang membuat kita harus senantiasa sigap dalam menjaganya.

Lalu, bagaimana kita menyikapi saat iman turun?.

Saat iman kita turun satu langkah, berusahalah agar kemudian ia naik dua langkah.
Saat iman kita turun dua langkah, bermujahadahlah agar iman dapat segera naik empat langkah.
Sehingga secara grafik, iman yang kita miliki polanya lurus naik ke atas (semakin baik).

Ingatlah, kita bukanlah Nabi atau Rasul yang kadar keimanannya dijaga Allah. Kita adalah manusia dengan segala kelemahannya, namun dalam keimanan mampu melebihi tingkat Malaikat.

Tapi bisa juga sebaliknya,lebih rendah dari Iblis. Semuanya tergantung akan kepekaan akan rasa keimanan. Bilakah keimanan ini menurun, atau bilakah alarm akan imanyang turun, menyala agar segera ditindaki.

Oleh karenanya, saat keimanan menurun, kesadaran kita akan keimanan tersebut haruslah segera dihidupkan. Kemudian diikuti dengan tindakan segera untuk meningkatkan keimanan itu. Segeralah itu lakukan, karena kita tidak tahu, kapan kita akan dipanggil Allah.

Jadi, jangan risaukan diri kita dengan mempertanyakan akan kelabilan iman yang dimiliki. Tapi, percepatlah diri ini ketika kita merasakan iman dalam fase menurun.

Percepat dengan perilaku yang mendekatkan diri pada Allah SWT. Atau kita berupaya untuk mendekatkan diri ini dengan memasuki lingkungan atau orang-orang yang dapat menulari kita dengan aura keimanan yang dimilikinya.

Tidak ada komentar: