Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Sabtu, 08 Maret 2008

Nasehat Kabayan II


Kabayan sedang di saung di tengah sawah mempersiapkan makan siangnya , kini ia memasukkan buncis ke dalam kuali yang penuh minyak untuk dimasak.

Buncis itu melompat-lompat kepanasan, ia meronta, meloncat ke tepi kuali dan berteriak, “Mengapa kau bakar aku? Tak cukupkah kau telah beli aku? Mengapa kau juga harus menyiksaku?”
Kabayan membenamkannya kembali ke dalam kuali dengan sendoknya dan berkata,

“Tenanglah, mendidihlah engkau dengan baik! Jangan lompat terlalu jauh dari ia yang menyalakanmu.
Aku tak merebusmu karena aku membencimu.
Aku memasakmu agar kau menjadi lezat dan penuh cita rasa. Agar kau dapat menjadi makanan dan bersatu dengan kehidupan.
Penderitaanmu tak disebabkan karena aku menghinakanmu!

Ketika kau segar dan hijau, kau selalu meminum air di kebun. Kau meminum air itu untuk bersiap menghadapi api ini.”
Kasih sayang Tuhan ( Allah SWT ) lebih besar dari penderitaan yang Dia berikan.
Kasih sayang-Nya senantiasa lebih besar dari murka-Nya.
Kau dididihkan dalam penderitaan dan kesengsaraan, tiada lain agar ego dan eksistensi dirimu lenyap tak berbekas!

Kau berubah menjadi makanan, kekuatan, dan fikiran yang luhur. Dahulu kau lemah, kini kau seperkasa singa hutan. " lanjut Kabayan kepada sang sayuran.

Tidak ada komentar: