Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Jumat, 07 Maret 2008

Surga Ga Penting... Lho Kok ?


Mengerjakan amal saleh (kebaikan), baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, ada balasannya dari Allah SWT berupa pahala yang lebih baik dari apa yang telah kita kerjakan.

Dan balasan pahala yang paling baik adalah surga, karena disanalah tempat kenikmatan agung yang abadi selama-lamanya yang harus kita perjuangkan untuk meraihnya.Semua orang pasti mengharapkan bisa masuk dan berdiam diri untukmenikmati keabadian dengan segala kenikmatan yang telah Allah SWT sediakan.

Dan semua orang pun tahu bagaimana cara meraihnya. Tapi,yang jadi masalah adalah ketika kita mengharapkan surga tidak diimbangi dengan usaha yang maksimal untuk meraih surga itu. Pikiran kita lebih terfokus pada surganya dibanding pada perbaikan demi perbaikan kualitas keimanan dan amal ibadah kita.

Rasulullah SAWbersabda,

''Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah orang yang beruntung. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin,dialah orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih burukdari hari kemarin, dialah orang yang sesat.'' (HR Bukhari)

Surga sudah menjadi hak Allah untuk memberikannya dan sudah sejak lama Allah sediakan untuk orang-orang yang diridhai-Nya. Jadi, yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas keimanan dan amal ibadah kita sehingga Allah SWT ridha dengan apa yang kita kerjakan itu.

Dan kalau sudah seperti itu, surga pun bukan lagi hal yang mustahil yang akan kita dapatkan. Banyak ayat Al-Qur'an yang menerangkan balasan bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, sebagaimana berikut ini,

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah merekakerjakan." (QS. An-Nahl (16): 97)

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shaleh, kelak akan kami masukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai; kekal mereka di dalamnya; mereka di dalamnya mempunyai isteri-isteri yang suci, dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman." (QS. An-Nisaa (4): 57)

"Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu".

Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah (2): 25)

Bagaimana menurut Anda sekarang?
Masih pentingkah surga?
Pasti... masih penting ya... karena disanalah tempat kenikmatan agung yang abadi selama-lamanya yang harus kita perjuangkan untuk meraihnya.

Banyak cara atau jalan untuk meraih surga-Nya.
Yang terpenting adalah bukan surganya, tapi ketakwaan kita dan kebaikan akhlak kita yang akan memasukkan kita ke surga-Nya.

Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Penyebab utama masuknya manusia ke surga adalah bertakwa kepada Allah dan kebaikan akhlaknya." (HR. At-Tirmidzi) .

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orangyang bertaqwa", (QS. Ali Imran (3): 133)

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyatabagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyataorang-orang yang sabar." (QS. Ali Imran (3): 142)

Dan tidak lupa untuk selalu memohon rahmat-Nya, karena hanya dengan rahmat Allah lah kita dimasukan kedalam surga-Nya. Itulah kemenangan, kebahagiaan abadi, kenikmatan yang tidak ada tandingannya. Kenikmatanyang membuat kita tak akan puas hanya sekedar berada di gerbangnya.Kenikmatan yang akan menjadikan kita tak berhenti hanya sekedar masuk beberapa langkah di halamannya. Kenikmatan agung yang membuat siapapun takkan pernah berharap kecuali sampai kepuncaknya yang paling tinggi: surga firdaus.

Kita bahkan ingin termasuk kedalam kelompok `Iliyyin', yaitu orang-orang yang ditinggikan. Obsesi ini tercermin dalam nasihatRasululah SAW.

"Jika kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah kepada-Nya Jannatul Firdaus yang paling tinggi, karena sesungguhnya disanalah intinya surga." (HR. Thabrani)

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar: