Menu Baru Web PWS Medan

Bergabunglah dengan Paguyuban Wargi Sunda versi FaceBook , dapatkan info PWS terbaru , Jangan lupa DOWNLOAD File berbentuk Powerpoint ( pps ) dari web ini , dan semuanya tentu saja Gratis untuk anggota dan pembaca setia Web PWS - Medan , Haturnuhun
Myspace tweaks at TweakYourPage.com

Rabu, 26 Maret 2008

Saringan Tiga Kali


Di zaman Yunani kuno, Dr. Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanannya yang tinggi.

Suatu hari seorang laki-laki berjumpa dengan Socrates dan berkata, " Tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman Anda ?"

"Tunggu sebentar," jawab Dr. Socrates. "Sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin Anda melewati sebuah ujian kecil.
Ujian tersebut dinamakan Ujian Saringan Tiga Kali.
"Saringan tiga kali ?"tanya laki-laki tersebut.

"Betul,"lanjut Dr. Socrates."Sebelum Anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali.

Saringan yang pertama adalah KEBENARAN. Sudah pastikah Anda bahwa apa yang Anda akan katakan kepada saya adalah benar ?

"Tidak, belum tentu benar,"kata laki-laki tersebut,"Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada Anda."
"Baiklah," kata Socrates,"Jadi Anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak.

"Sekarang marikita coba saringan kedua yaitu : KEBAIKAN.Apakah yang akan Anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik ?
"Tidak, sebaliknya, mengenai hal yang buruk,"jawab laki-laki itu.

"Jadi, "lanjut Socrates, "Anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi Anda tidak yakin kalau itu benar.

"OK , Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu : KEGUNAAN. Apakah apa yang Anda inginberitahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya ?"
"Tidak, sungguh tidak," jawab laki-laki tersebut.

"Kalau begitu," simpul Dr. Socrates, "Jika apa yang Anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa ingin menceritakan kepada saya ?

"Sebuah panah yang telah melesat dari busurnya dan bisa saja membunuh seseorang yang tak bersalah, dan kata-kata yang telah diucapkan yang menyakiti hati seseorang, keduanya tidak pernah bisa ditarik kembali.

Jadi sebelum berbicara tentangseseorang, gunakanlah Saringan Tiga Kali.

Tidak ada komentar: